Minggu, 29 November 2009

MEMINIMALISKAN KONFLIK DALAM SUATU ORGANISASI.

Pada setiap organisasi tentu kita punya tujuan bersama yang ingin dicapai. Tapi itu semua tidak selalu berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana kita. Konflik selalu menyertai disetiap keputusan yang kita ambil. Dan sering kali konflik itu menyebabkan runtuhnya suatu organisasi. Dalam organisasi pasti ada anggota baru yang masuk dan pasti ada juga anggota lama yang mengundurkan diri. Itu adalah sebuah siklus dalam suatu organisasi. Jika dalam organisasi yang kita ikuti mengalami banyak anggota lama yang mngundurkan diri, maka kita harus mencari tahu apa sebab mereka mengundurkan diri dari organisasi.

Maka dalam hal ini solusi yang harus dilakukan adalah :

  1. Menjalin komunikasi yang erat dengan para anggota.
  2. Jangan ada batasan yang menonjol antara ketua dengan anggota.
  3. Saling memberi motivasi.

Demikian tulisan yang saya buat. Mohon maaf apabila ada kekurangan, karena saya masih dalam tahap belajar.

MENYELESAIKAN KONFLIK YANG TERJADI DALAM ORGANISASI.

Suatu organisasi tidak lepas dari konflik. Jika tidak ingin timbul masalah yang berkepanjangan maka harus segera diselesaikan. Oleh karena itu diperlukan solusi yang tepat untuk menyelesaikannya. Untuk itu cara untuk mensiasati konflik dalam masalah ini dapat kita lakukan dengan berbagai cara, yaitu

  1. Menjalin komunikasi yang baik antar anggota organisasi agar tidak terjadi miscommunication atau misunderstanding.
  2. Buat dialog yang rutin dilakukan dengan para anggota organisasi, misalnya pertemuan satu kali dalam seminggu untuk meminimalkan konflik yang sedang terjadi.
  3. Melalukan tinjauan secara langsung agar mengetahui asal mula terjadinya konflik (masalah).

Demikian tulisan yang saya buat. Mohon maaf apabila ada kekurangan, karena saya masih dalam tahap belajar.

PEMECAHAN MASALAH SAAT MENGAMBIL KEPUTUSAN DALAM BERORGANISASI.

PEMECAHAN MASALAH SAAT MENGAMBIL KEPUTUSAN DALAM BERORGANISASI.

Organisasi adalah suatu perkumpulan yang setiap anggotanya memiliki tujuan yang sama. Disetiap organisasi setiap anggotanya pasti memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Sehingga dalam setiap organisasi sering kali terjadi perbedaan pendapat. Perbedaan tersebut merupakan suatu masalah yang harus segera diselesaikan agar tidak terjadi kesalah pahaman dan kesenjangan disetiap anggotanya.

Maka dalam permasalahan ini solusinya adalah :

  1. Dalam organisasi harus saling mengenal kepribadian satu sama lain.
  2. Musyawarahkan dengan para anggota bila ingin mengambil suatu keputusan.
  3. Buatlah beberapa pilihan keputusan yang bisa dijadikan acuan.
  4. Jika belum didapat keputusan yang diinginkan dari musyawarah tersebut gunakanlah cara voting.

Demikian tulisan yang saya buat. Mohon maaf apabila ada kekurangan, karena saya masih dalam tahap belajar.